Senin, 22 September 2008

proud

PROUD
bennypew

Aku, ya inilah aku. Tidak ada di dunia ini yang sama persis dengan aku, karena Tuhan hanya menciptakan makhluknya hanya satu, tidak ada duplikatnya. Karena hanya satu-satunya, maka aku adalah makhluk yang unik, sama juga seperti kamu, dia, mereka. Semuanya unik, dengan segala bentuk tubuh maupun wajah mereka, dan berbagai rupa sifat mereka.


Aku (merasa) tidak memiliki sesuatu yang dapat aku banggakan physically, semuanya seolah (dimataku) biasa saja. Hal itu kadang membuat aku ragu untuk melangkah, dan akibatnya aku stuck di satu titik saja. Tapi apakah yang dapat dibanggakan itu hanya sesuatu yang berbentuk, berwujud, dapat diraba maupun dilihat? I don`t think so!! Ada hal lain yang dapat dibanggakan, yang hanya dilihat dengan mata hati, yaitu sifat yang baik, seperti kejujuran, kepedulian, kesetiaan, itu hanya contoh kecil saja. Masih banyak lagi sifat baik yang dapat dibanggakan, tergantung kita mau menggali sifat itu atau tidak.


Idealnya dalam hidup kita, jika kita tidak (munafik) kita pengen mempunyai dua kebanggaan tadi, tapi kadangkala tidak semua keinginan kita dapat terwujud, dan hidup tidak harus memenuhi standar ideal kan? Karena untuk mencapai titik ideal, kadang kita sendiri malah termakan dengan idealisme itu sandiri, akibatnya ada yang tidak balance dalam kehidupan kita..
Aku pun juga sama, aku ingin mempunyai dua kebanggaan tadi karena itu yang terbaik, tapi saat ini aku belum diizinkan untuk memiliki yang terbaik, aku baru memiliki kebanggaan yang baik..
Jika kita bicara tentang dua kebanggaan baik fisik maupun non fisik, terdapat perbedaan yang cukup signifikan yaitu terletak pada “keabadian”. Kebanggaan fisik akan lebih cepat pudar dan hilang oleh waktu. Sedangkan kebanggaan non fisik akan hilang bersamaan dengan habisnya waktu kita di dunia.


Kebanggaan di sini berbeda arti dengan kesombongan. Kadang orang salah mengerti antara kebanggaan dengan kesombongan, karena sangat tipis perberdaannya. Kebanggaan dapat kita jadikan energi untuk melangkah menjadi labih baik. Sedangakan kesombongan adalah pengeluaran energi dalam diri kita, karena kita berusaha meyakinkan orang agar mempercayai dan mengakui apa yang kita punya, atau mungkin kita belum punya tapi kita bilang punya.
Kebanggaan fisik yang diperoleh dari lahir, yaitu wajah yang tampan, cantik, kebanggaan yang diperoleh dengan usaha yaitu berupa harta benda. Sedangkan kebanggaan non fisik, diperoleh melalui didikan orang tua, lingkungan, teman. Kebanggaan non fisik bisa juga disebut proses pembelajaran manusia untuk menjadi bijak.


Jika aku harus memilih, diantara dua kebanggaan tadi aku akan lebih memilih kebanggaan non fisik, kenapa?. Jika kita punya kebanggan non fisik, maka kita akan lebih banyak punya teman, siapa sih yang nggak mau punya teman baik, jujur, setia, dan sifat-sifat baik lainnya. Dengan banyaknya teman maka hidup kita akan terasa lebih mudah, berarti bagi sesama. Tentunya kita akan senang jika kita bermanfaat bagi orang lain bukan?. Selain itu kita juga butuh orang lain untuk jalanin hidup ini.


Percuma saja punya wajah tampan, cantik, jika tidak punya teman. Hidup rasanya sepi. Buat apa harta segudang jika tidak bermanfaat buat orang lain, karena kita mati tidak membawa harta.
Idealnya kita memiliki dua kebanggaan tadi, tapi kadang kita tidak bisa mendapatkan yang ideal. Hidup adalah pilihan, jadi terserah mau memilh kebanggaan yang mana jika keduanya tidak bisa didapatkan sekaligus. Kebanggaan itu perlu, tapi sebaiknya kita jangan berlebihan, takutnya nanti jadi sombong.

Tidak ada komentar: