Kamis, 07 Agustus 2008

kangen adzan

Kangen Adzan

Sebuah cerita dari temen saya yang bekerja di kapal Pesiar. Pekerjaannya keliling dunia, dengan kapal pesiar. Beberapa Negara telah disinggahinya, kesenangan pun didapatnya, kesejahteraanpun terjamin, karena gaji di kapal pesiar cukup besar.

Dari ceritanya saya pun menyimpulkan hidup disana itu enak banget , udah gajinya gedhe, tiap hari ketemu dengan orang baru, keliling dunia gratis lagi. Ahhh…jadi pengen mengikuti jejaknya.

Tapi bayangan saya itu ternyata salah, di kapal pesiar itu kerjanya berat, bisa 12 jam. Kalo dilihat dari segi materi seeh emang gedhe, tapi beban mental itu yang dirasakannya. Karena jauh dari keluarga, dan satu hal lagi dikapal pesiar tidak ada Adzan.

Temenku satahun terakhir tidak mendengar suara adzan, bulan puasa tahun lalu dihabiskan dia atas kapal. Waktu untuk berbuka pun dia kira-kira sendiri, temenku sampai kangen yang namanya suara adzan. “Sungguh berat banget serasa jauh dari Allah”,katanya.

Saya jadi inget waktu saya berada di Manado, kira-kira 4 tahun yang lalu. Saya berada di sana selama 1 bulan. Ramadhan pun saya masih di manado. Waktu itu saya berada di pelosok Manado, untuk nonton tivi aza susah. Nah di desa itu seluruh penduduknya beragama Kristen, so, tidak ada masjid disana otomatis adzan pun ga terdengar. Saat itu pun saya merindukan suara adzan. Untuk menentukan waktu berbuka pun kami satu tim pake ilmu kira-kira. Suasana tarawih pun juga ga semeriah di rumah. Untung 3 hari sebelum lebaran, kami sudah tiba di rumah. Alhamdullilah, bisa merasakan nikmatnya Idul Fitri bareng keluarga.

Sekarang ini banyak masjid-masjid yang bertebaran, bahkan satu kampung bisa terdapat dua masjid untuk. Melaksanakan sholat jauh lebih mudah, sekalipun itu pada waktu kita menempuh perjalanan. Di sepanjang jalan pasti ada masjid, kita bisa sholat sambil beristirahat, Kalo pun tidak ada masjid, pom bensin-pom bensin sekarang sudah banyak yang menyediakan fasilitas mushola. So ga ada alasan untuk ga sholat kan. Berbahagialah kita yang masih bisa mendengar adzan dan melaksanakan sholat di masjid maupun mushola.

Tidak ada komentar: